Tanda Lahir Pada Bayi Yang Mama Perlu Ketahui

0 14

Tanda Lahir Pada Bayi Yang Mama Perlu Ketahui – Persentase muncul tanda lahir pada bayi hanya sekitar 1:1000 kelahiran. Dan kemunculan itu merupakan hal yang lazim. Kulit bayi yang baru lahir memerlukan perhatian ekstra selain kulit bayi yang lembut dan sensitif, ada bayi yang memiliki tanda lahir dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Terbentuknya tanda lahir pada bayi diduga disebabkan oleh faktor genetik yang diturunkan dari orang tua.

Pertanyaan bagi sebagian besar Mama ; apakah tanda lahir pada bayi merupakan hal yang normal?

Tanda lahir dapat memiliki banyak warna berbeda, seperti cokelat muda, cokelat tua, hitam, biru pucat, merah muda, putih, merah, atau ungu.

Menurut Danielle M Miller, dermatolog di Klinik Lahey di Burlington, Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan bahwa tanda lahir terdiri dari 2 jenis utama. Jenis pertama disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah di kulit yang berlebihan. Jenis kedua disebabkan oleh kelebihan produksi pigmen di kulit.

AAP atau American Academy of Pediatric (AAP) merilis, tanda lahir pada sikecil merupakan bintik-bintik berwarna yang muncul pada saat lahir atau tidak lama setelah lahir. Tanda lahir pada bayi dapat disebabkan oleh beragam hal. Ada penyebab tanda lahir pada bayi yang tidak berbahaya, tetapi ada juga penyebab yang berbahaya dan perlu segera ditangani. Sebagian tanda lahir timbul karena adanya kelainan pembuluh darah, sementara sebagian lainnya timbul karena penimbunan pigmen atau zat warna pada kulit.

Jenis-Jenis Tanda Lahir

Tanda lahir vaskular, Tanda lahir vaskular seringkali merupakan tanda kulit berwarna merah muda, ungu, atau merah yang berkembang sebelum atau segera setelah lahir.

Tanda lahir vaskular antara lain :

  • Bercak stroberi (hemangioma)
  • Ciuman malaikat (angel’s kisses)
  • Noda anggur

Tanda lahir berpigmen, Tanda lahir berpigmen adalah tanda kulit yang ada saat lahir. Tanda dapat berwarna coklat atau hitam ke kebiruan atau warna biru-abu-abu.

Tanda lahir berpigmen antara lain :

  • Tahi lalat
  • Noda kopi (café au lait)
  • Bercak Mongolia

Tanda Lahir yang Perlu Diwaspadai

  1. Dysplastic Nevi atau Tahi Lalat Besar
    Tanda lahir yang juga berupa tahi lalat lebih tinggi risikonya berkembang menjadi kanker kulit. Apabila jumlahnya banyak atau berukuran besar, lebih besar risikonya untuk menjadi kanker di masa depan. Oleh karena itu, tanda lahir juga harus diwaspadai. Tahi lalat berukuran 10 sentimeter atau lebih saat lahir dialami oleh sekitar 1 dari 20.000 kelahiran. Tahi lalat yang mencakup area kulit yang luas disebut nevi bawaan raksasa dan risiko untuk menjadi kanker kulit sebesar 6 persen.
  2. Salmon Patch atau Macular Stain
    Tanda lahir salmon patch termasuk jenis tanda lahir yang disebabkan oleh pembuluh darah di kulit yang berlebihan. Nama lain dari tanda lahir ini adalah macular stain, angel kiss, dan stork bite. Tanda lahir berwarna merah samar ini sering muncul di dahi, kelopak mata, leher, atau belakang kepala.
  3. Strawberry Hemangioma
    Hemangioma adalah pertumbuhan pembuluh darah kecil yang terjadi pada sekitar 400.000 bayi setiap tahun di Amerika Serikat. Tanda lahir ini muncul saat lahir atau segera setelah lahir dan berwarna merah menonjol di atas kulit, sehingga tampak seperti strawberry. Strawberry hemangioma dapat muncul di mana pun pada tubuh dan tumbuh pesat selama 6 bulan pertama.
  4. Port Wine
    Tanda lahir ini warnanya lebih kemerahan hingga keunguan dan terjadi pada sekitar 3 dari 1.000 bayi. Port wine dapat menebal dan bergelombang seiring pertambahan usia, serta dapat dikaitkan dengan meningkatnya tekanan pada mata. Anak-anak yang memiliki port wine harus diperiksa oleh dokter spesialis mata. Tanda lahir ini tidak dapat hilang dengan sendirinya, tapi dapat dihilangkan dengan laser.
  5.  Nevus Sebaceous
    Nevus sebaceous biasanya muncul pada kulit kepala bayi atau wajah sebagai plak berwarna kuning. Pada masa pubertas, tanda lahir ini cenderung makin terlihat dan menonjol. Meskipun sangat jarang dijumpai, tanda lahir ini berisiko tinggi berkembang menjadi kanker kulit. Sehingga, perlu dilakukan pembedahan pada usia dini untuk mencegahnya tumbuh menjadi kanker.

Itulah beberapa jenis tanda lahir bayi yang perlu Mama ketahui dan perlu diwaspadai. Mama juga dapat melakukan diskusi dengan dokter/

Jika tanda lahir bayi menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan Dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.