Cara Tepat Mengenali Olive Oil Berkualitas

0 1

Cara Tepat Mengenali Olive Oil Berkualitas – Olive oil dikenal minyak zaitun yang kaya manfaat, apalagi dominan digunakan sebagai bahan kecantikan karena khasiatnya yang optimal. Selain itu banyak jenisnya seperti extra virgin olive oil, refined olive oil, olive-pomace oil. Minyak zaitun sudah dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat seluruh dunia.

Cara Mengenali Olive Oil Berkualitas

Cara Tepat Mengenali Olive Oil Berkualitas

Kepopuleran minyak zaitun, membuat orang tak bertanggung jawab membuat produk serupa. Padahal produk palsu membahayakan kesehatan karena dibuat dari bahan nggak sehat, solusinya adalah mengetahui olive oil berkualitas dan terbukti keasliannya. Berikut ada cara mengenalinya, antara lain:

1. Dilihat Dari Harga

Cara mengenali minyak zaitun berkualitas atau asli adalah melihat harga, jangan tergiur dengan harga murah karena rawan minyak zaitun palsu. Pasalnya harga olive oil untuk wajah terbilang mahal loh, walaupun cukup mahal sebanding dengan manfaat.

Selain itu belilah minyak zaitun di toko-toko yang merekomendasikan produk olive oil. Pasalnya nggak semua toko menyediakan minyak zaitun asli, tatkala anda masih awam lebih baik konsultasi dengan orang lain agar mendapat minyak zaitun asli.

2. Terdapat Tanggal Produksi dan Kadaluarsa

Anda sering melihat produk tanpa tanggal produksi dan kadaluarsa? Hal itu wajib diwaspadai karena rawan produk palsu. Sama halnya dengan memilih olive oil, jika pada kemasan terdapat keterangan tanggal produksi, tanggal kadaluarsa dan beragam kandungan maka dipastikan keasliannya.

Cara ini terbilang simple dan praktis karena cukup melihat pada kemasan. Anda tak perlu mengujinya secara langsung, cara ini bisa dilakukan saat membeli di pusat perbelanjaan seperti supermarket, toko obat dan toko lain.

3. Cicipi dan Rasakan Perbedaannya

Sejatinya, harga olive oil 1 liter nggak terlalu mahal sehingga mudah dibeli. Pastinya dapat melakukan pengujian, yaitu dicicipi dan merasakan perbedaannya. Anda bisa menggoyangkan gelas yang berisi minyak zaitun dan hirup aromanya, Selain itu bisa diminum sedikit saja. Jika minyak zaitun asli, maka rasanya menyerupai buah atau sayuran diiringi sedikit rasa pahit dan pedas saat ditelan.

Orang awam mungkin menandakan rasa tersebut menjadi patokan minyak zaitun palsu karena rasanya bercampur aduk. Padahal cita rasa tersebut membuktikan keaslian minyak zaitun karena tanpa tambahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya.

4. Aroma yang Khas

Aroma olive oil asli adalah menyegarkan layaknya buah-buahan atau sayuran, hal itu menjadi patokan mudah tatkala membeli. Dengan begitu tak mudah tergiur harga murah, pasalnya minyak zaitun palsu memiliki aroma tengik yang menyengat.

Pastikan anda meneliti dan melakukan pengujian apakah minyak zaitun asli atau palsu, apalagi banyak produk palsu yang mematok harga sama. Alhasil membuat masyarakat bingung minyak zaitun asli dan palsu karena harganya sama-sama mahal.

5. Terdapat Segel Sertifikasi

Sejatinya, minyak zaitun yang asli memiliki segel yang didapat dari penguji makanan tempat minyak diproduksi. Tatkala minyak tersebut diproduksi dari Italia, maka terdapat segel sertifikasi berupa DOP Italia, COOC Amerika dan lain-lain. Menariknya lagi, anda bisa membeli olive oil untuk masak karena minyak zaitun banyak jenisnya.

Minyak zaitun memang dikenal seluruh dunia, nggak heran berbagai negara memproduksinya. Walaupun diproduksi negara lain, tetapi anda bisa membelinya di Indonesia karena dijual sampai ke Indonesia.

Jangan sia-siakan manfaat olive oil yang beragam. Sebagai alternatif, anda bisa membelinya di supermarket karena harga olive oil di Indomaret sebanding dengan kualitas dan dipastikan keasliannya. Jika anda ragu menggunakan minyak zaitun, bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Halodoc. Tim dokter Halodoc akan merespon cepat konsultasi anda, apalagi Halodoc dipercaya sebagai jembatan masyarakat berkonsultasi dengan dokter profesional secara online.

Leave A Reply

Your email address will not be published.